PENULISAN LAPORAN, KARYA ILMIAH, DAN JURNAL/ARTIKEL BAGI MAHASISWA PRODI D III KEBIDANAN JURUSAN KEBIDANAN

  • WhatsApp Image 2023-11-08 at 09.55.20
  • WhatsApp Image 2023-11-08 at 09.55.22
  • WhatsApp Image 2023-11-08 at 13.13.23

Karya Ilmiah (Scientific Paper) adalah karya tulis yang menyajikan gagasan, deskripsi atau pemecahan masalah secara sistematis, disajikan secara objektif dan jujur dengan menggunakan bahasa baku, serta didukung oleh fakta teori, dan atau bukti-bukti empirik. Penulisan karya ilmiah dilakukan dengan berbagai tujuan, antara lain untuk menyampaikan gagasan, memenuhi tugas dalam studi, untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu pertemuan, mengikuti perlombaan serta untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan/hasil penelitian. Jenis-jenis Karya Ilmiah yang dapat dijumpai antara lain makalah, laporan penelitian, artikel atau jurnal, skripsi, tesis dan disertasi.

Penulisan Laporan Tugas Akhir (LTA) sebagai syarat akhir kelulusan yang sejalan dengan visi dan misi Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kebidanan dan kesehatan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai upaya untuk membimbing mahasiswa dalam penulisan Laporan Tugas Akhir (LTA), Prodi DIII Kebidanan menetapkan kurikulum khususnya Matakuliah COMC dan Metodologi Penelitian dengan tujuan memberikan asuhan yang komprehensif kepada ibu mulai dari masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana serta mengenalkan secara dini kepada mahasiswa langkah-langkah metode ilmiah dalam  penulisan Laporan Tugas Akhir.

Tujuan Kegiatan ini adalah untuk memahami cara membuat laporan dan karya ilmiah sesuai standar, memahami cara membuat jurnal/artikel sesuai standar dan mampu melaksanakan pembuatan penulisan laporan, karya ilmiah dan Jurnal/artikel. Peserta dalam pelatihan adalah seluruh mahasiswi Prodi D III Kebidanan  Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Riau  Tahun Akedemik 2023/2024 berjumlah 357 mahasiswa dilaksanakan secara Luring  pada Hari Jumat  tanggal 10 November 2023 di Aula Lt 4 Laboratorium Terpadu Poltekkes Riau pada dari pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.  Narasumber dihadirkan dari Universitas Riau yakni Bapak Dr Zahtamal, SKM, M.Kes dan Ibu Prof. Dr. Neni Hermita, M.Pd

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *